Minggu, 26 November 2017

SOAL DESAIN GRAFIS

INSTRUKSI:

Kerjakan Soal dibawah ini, kemudian kirim ke email : smkmwp@gmail.com,
dengan format :
Tulis Judul di Kolom subjek, tuliskan nama dan kelas
contoh : jawaban soal desain grafis. nama : Kenzo, kelas X TKJ

Desain Grafis 1 (Pengetahuan Dasar)

Petunjuk :
Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat! Jawablah semua soal dan isikan jawaban Anda pada lembar jawaban yang disediakan! Selamat mengerjakan!
1.      Desain grafis adalah suatu bentuk seni lukis (terapan) yang memberikan kebebasan kepada sang desaianer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ….
  1. ilustrasi
  2. photo
  3. tulisan
  4. garis
  5. brosur
2.      Desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, photo-photo dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut sehingga mengahsilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, subversive dan mudah diingat. Pengertian desain grafis seperti ini dikemukakan oleh ….
a.      Suyanto
b.      Jessica Helfand
c.      Danton Sihombing
d.      Michael Kroeger
e.      Blanchard
3.      Desain grafis adalah aktivitas mempekerjakan berbagai elemen rupa seperti marka, uraian sub verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi maupun ilustrasi denga dua fungsi yaitu sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.  Pengertian desain grafis seperti ini dikemukakan oleh ….
a.      Suyanto
b.      Jessica Helfand
c.      Danton Sihombing
d.      Michael Kroeger
e.      Blanchard
4.      Dalam perkembangannya desain grafis dikenal pula dengan istilah ….
  1. desain komunikasi visual
  2. desain visualisasi
  3. grafika komputer
  4. visualisasi komputer
  5. komputer grafis
5.      Secara garis besar desain grafis dapat dikategorikan, kecuali ….
  1. Printing (percetakan)
  2. Web desain
  3. Environmental Graphic Design (EGD)
  4. Desain Produk
  5. Desain iklan
6.      Desain buku, majalah, poster, flyer dan sejenisnya termasuk dalam kategori ….
  1. Printing (percetakan)
  2. Web desain
  3. Environmental Graphic Design (EGD)
  4. Desain Produk
  5. Desain iklan
7.      Desain professional yang mencakup desain arsitektur, desain industri, arsitek taman, desain interior dan sejenisnya termasuk kategori ….
  1. Printing (percetakan)
  2. Web desain
  3. Environmental Graphic Design (EGD)
  4. Desain Produk
  5. Desain iklan
8.      Berikut adalah teknik visualisasi, kecuali ….
  1. fotografi
  2. translasi visual
  3. model making
  4. typografi
  5. penyablonan
9.      Berikut adalah aplikasi komputer pengolah tata letak (layout), kecuali ….
  1. Adobe inDesign
  2. Adobe PageMaker
  3. Adobe Photoshop
  4. Ms. Publisher
  5. Corel Ventura
10.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah vector/garis, kecuali ….
  1. Adobe Illustrator
  2. Corel Draw
  3. Ms. Paint
  4. Macromedia Freehand
  5. Beneba Canvas
11.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah pixel/bitmaps, kecuali ….
  1. Adobe Photoshop
  2. Corel Photopaint
  3. Ms. Paint
  4. Ms. Photo Editor
  5. CorelDraw
12.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah Film/Video, kecuali ….
  1. Adobe After Effect
  2. Nero Ultra Edition
  3. Ulead Video Studio
  4. Windows Movie Maker
  5. CorelDraw
13.  Berikut adalah aplikasi komputer pengolah Film/Video, kecuali ….
  1. Macromedia Authorware
  2. Macromedia Flash
  3. Multimedia Bulider
  4. Hyper Studio
  5. Ezedia
14.  Aplikasi pembuat grafis berbasis bitmap yang secara otomatis (default) terinstal pada komputer yang menggunakan system operasi windows adalah ….
  1. Ms. Paint
  2. Adobe Photoshop
  3. Ms. Powerpoint
  4. Corel Draw
  5. Windows Movie Maker
15.  Aplikasi pengolah video yang secara otomatis (default) terinstal pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows adalah ….
  1. Ms. Paint
  2. Adobe Photoshop
  3. Ms. Powerpoint
  4. Corel Draw
  5. Windows Movie Maker
16.  Dalam membuat grafis menggunakan aplikasi seperti Ms. Paint atau Corel Draw, alat input yang paling dominan digunakan adalah ….
  1. mouse
  2. keyboard
  3. joystick
  4. lightpen
  5. scanner
17.  Berikut adalah format file gambar, kecuali ….
  1. .jpg
  2. .bmp
  3. .gif
  4. .doc
  5. .tif
18.  Berikut adalah format file video, kecuali ….
  1. .mpeg
  2. .mp4
  3. .avi
  4. .3gp
  5. .jpg
19.  Gambar hasil photografi digital termasuk objek berbasis ….
  1. vector
  2. garis
  3. bitmap
  4. warna
  5. multimedia
20.  Gambar hasil photografi digital merupakan contoh proyeksi ruang/objek 3 dimensional ke dalam bidang 2 dimensional menggunakan prinsip proyeksi ….
  1. sentral
  2. orthogonal
  3. diagonal
  4. frontal
  5. vertical
21.  Teknik visualisasi dengan mengambil esensi dari suatu image, diringkas, direka ulang menjadi image baru dalam rangkaian proses yang rasional disebut ….
  1. translasi visual
  2. model making
  3. philosophy
  4. tipologi
  5. typography
22.  Huruf selain menyampaikan pesan melalui teks yang dibentuknya, terkadang juga dapat menyampaikan pesan dengan cara mengekplorasi bentuk, tata letak, pewarnaan dan sebagainya. Teknik visualisasi seperti ini disebut ….
  1. translasi visual
  2. model making
  3. philosophy
  4. tipologi
  5. typography
23.  Menggambar perspektif termasuk ke dalam jenis ….
  1. menggambar teknik
  2. menggambar bentuk
  3. menggambar benda pakai
  4. menggambar bebas
24.   Menggambar hias yang termasuk dalam menggambar mistar diantaranya menghasilkan
  1. gambar hias geometris
  2. gambar hias tradisonal
  3. gambar pemandangan
  4. desain arsitektur
  5. desain interior
25.   Menggambar perspektif biasanya digunakan dalam bidang ….
  1. desain interior
  2. printing
  3. desain produk
  4. periklanan
  5. pertelevisian
26.  Istilah perspektif sering pula disebut dengan ….
  1. proyeksi sentral
  2. proyeksi orthogonal
  3. proyeksi geometris
  4. proyeksi frontal
  5. proyeksi diagonal
27.  Garis khayal yang kedudukannya setinggi mata pengamat dan memisahkan gambar yang di atas dan di bawah mata disebut ….
  1. garis horison
  2. garis horizontal
  3. garis pemisah
  4. garis tepi
  5. garis pandang
28.  Titik dalam gambar perspektif dimana garis-garis yang sesungguhnya dalam keadaan sejajar digambarkan menuju titik ini disebut ….
  1. titik dasar
  2. titik ukur
  3. titik awal
  4. titik sumbu
  5. titik perspektif
29.  Pada konstruksi perspektif satu titik hilang, garis yang sesungguhnya horizontal digambarkan secara ….
  1. horizontal
  2. vertikal
  3. menuju titik hilang
  4. diagonal
  5. tidak terlihat
30.  Pada konstruksi perspektif dua titik hilang, garis-garis yang sesungguhnya sejajar horizontal digambarkan secara ….
  1. sejajar horizontal
  2. sejajar vertikal
  3. miring dan menuju titik hilang
  4. sejajar diagonal
  5. tidak terlihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar